Antara Cita-cita dan Keinginan Orangtua

MEMILIKI cita-cita bisa menjadi pemicu semangat seseorang. Di mana, cita-cita itu dijadikan sebagai patokan dalam hidupnya. Dengan begitu, ia bisa lebih mudah menyusun konsep untuk menggapai cita-cita tersebut. Hanya saja, terkadang dalam kenyataannya tidak sesuai dengan rencana. Salah satunya, hadir dari orangtuanya.

Ya, seringkali keinginan orangtua tidak sesuai dengan cita-cita seorang anak. Jika sudah demikian, kebanyakan orangtua lebih memaksakan kehendaknya daripada memperhatikan keinginan anak. Lalu, sebagai anak, apa yang harus dilakukan?

Sebelum mengutarakan apa cita-cita Anda terhadap orangtua, carilah terlebih dahulu waktu yang tepat. Jika sudah temukan waktu yang pas, baik itu ketika santai ataupun sedang berkumpul bersama, maka utarakanlah keinginan kita. Sampaikan dengan tidak langsung mengutarakannya secara jelas. Melainkan, arahkan orangtua pada nilai positif apa yang Anda cita-citakan tersebut. Hingga kemudian, sampaikanlah keinginan Anda untuk memperolehnya.

Jika orangtua bersikeras dengan apa yang diinginkannya dan mulai memberikan nada ketidak senangan terhadap pilihan Anda, maka jangan sesekali Anda pun ikut tegang dan membantah perkataan orangtua. Dengarkanlah terlebih dahulu. Jangan memotong pembicaraannya. Jika sudah selesai baru Anda jelaskan kembali dengan penuh kesabaran dan kelembutan.

Jika masih saja orangtua tetap bertahan dengan apa yang menjadi keinginannya, sampaikanlah apa yang akan terjadi jika melakukan sesuatu tanpa didasari hati. Apa maksudnya? Seorang anak yang tidak bisa menggapai keinginannya, biasanya ia akan kecewa, tetapi ia akan tetap berusaha. Sebab, hal itulah yang selalu ia impikan

Hanya saja, bila ia dipaksa untuk melakukan hal yang tidak ia minati, maka boleh jadi ia melakukannya tidak dengan sungguh-sungguh. Dan segala sesuatu yang tidak dilakukan dengan sungguh-sungguh, maka hasilnya pun tidak akan baik. Apakah orangtua mau melihat anaknya gagal? Tentu tidak bukan!

Maka, berikanlah keyakinan pada orangtua, bahwa Anda akan bersungguh-sungguh meraih impian Anda. Dan Anda akan berusaha untuk memberikan yang terbaik bagi mereka. Dengan begitu, orangtua akan mengerti betapa pentingnya kesungguhan dalam meraih prestasi. Dan betapa pentingnya pula minat untuk memotivasi seseorang dalam meraih impian.

Bagikan :
+
Previous
Next Post »
0 Komentar untuk "Antara Cita-cita dan Keinginan Orangtua "

 
Template By Kunci Dunia
Back To Top