Ini 5 Bahaya Duduk Terlalu Lama

BANYAK di antara kita yang harus duduk berlama-lama karena tuntutan pekerjaan. Padahal, tahukah Anda bahwa duduk terlalu lama itu membahayakan lho! Bahkan, jika tetap sering duduk terlalu lama, dalam jangka panjang dapat mengakibatkan penyakit yang serius. Berikut ini 5 bahaya duduk terlalu lama yang dikutip dari soktau.com.

1. Penyakit Diabetes

Ketika Anda duduk, sistem kerja pankreas akan menurun. Insulin yang dihasilkan pankreas akan lebih sedikit, bahkan jika Anda duduk lebih dari 1 jam saja, jumlah produksi insulin sudah berkurang banyak. Jika pankreas tidak dapat memproduksi insulin, tubuh Anda akan banyak kandungan gula. Apabila hal tersebut terus terjadi, maka resikonya akan terkena diabetes.

2. Penyakit Jantung

Sistem metabolisme akan melambat jika Anda duduk terlalu lama, darah juga akan berjalan lebih lambat dan akan menyebabkan otot tidak dapat membakar kalori, akhirnya otot serta pembuluh darah Anda akan penuh dengan lemak. Jika it uterus terjadi, pembuluh darah akan tersumbat dan menyebabkan gangguan jantung.

3. Risiko Tinggi Kanker

Sebuah penelitian telah membuktikan bahwa, dengan duduk terlalu lama dapat menyebabkan penyakit kanker payudara, kanker usus besar dan kanker Rahim. Risiko tersebut dapat tinggi karena tubuh yang kurang aktif sehingga zat antioksidan dalam tubuh menurun, melemahnya produksi insulin.

4. Komplikasi Pencernaan

Akan mengakibatkan tekanan yang besar untuk isi perut jika duduk terlalu lama. Tekanan tersebut yang dapat menyebabkan sistem pencernaan melambat. Sistem pencernaan yang bekerja terlalu lambat dapat menyebabkan organ pencernaan tidak dapat bekerja dengan baik.

5. Fungsi Penurunan Otak

Hal ini dapat terjadi karena terlalu lama duduk dapat membuat otak tidak dapat asupan oksigen serta darah yang cukup. Untuk melepaskan bahan kimia alami dalam tubuh, otak membutuhkan oksigen yang cukup berkualitas. Apabila terlalu lama duduk otak akan bekerja lambat dan fungsinya cepat menurun.

Bagikan :
+
Previous
Next Post »
0 Komentar untuk "Ini 5 Bahaya Duduk Terlalu Lama"

 
Template By Kunci Dunia
Back To Top